Kamis, 05 Mei 2011

Sai Baba Mati Akibat Sakit Jantung, Katanya Maha Menyembuhkan & Menghidupkan???


Sai Baba Mati Akibat Sakit Jantung, Katanya Maha Menyembuhkan & Menghidupkan?
NEW DELHI (voa-islam.com) – Tokoh spiritual India yang diyakini sebagai manusia setengah dewa, Sai Baba meninggal dunia di rumah sakit setelah menderita gagal jantung dan pernafasan yang kronis. Padahal ia diyakini jutaan pengikutnya sebagai mahaguru yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan. Doa ribuan pengikutnya tak mampu mendatangkan keajaiban untuk kesembuhan Sai Baba.

Sathya Sai Baba, tokoh spiritual India, meninggal pada Minggu (24/4/2011) di Rumah Sakit Puttaparthi, negara bagian Andra Pradesh, India. Sebelumnya pria yang diyakini jutaan pengikutnya manusia setengah dewa itu menjalani perawatan intensif selama tiga pekan akibat gagal jantung kronis yang menderanya.

"Sai Baba tidak lagi bersama kita secara fisik. Dia mengembuskan napas yang terakhir pada pukul 7:40 pagi karena penyakit jantung dan pernapasan. Jenazahnya akan disemayamkan hingga Selasa," demikian bunyi pernyataan dari rumah sakit tempatnya dirawat seperti dikutip dari laman BBC.

Begitu dokter mengumumkan kematiannya, para warga diminta tenang dan tidak datang ke rumah sakit. Aparat keamanan juga langsung memperketat wilayah rumah sakit tersebut. Beberapa jalan menuju rumah sakit diblokir, toko-toko juga diminta tutup.

Sebelumnya ribuan orang berkumpul dekat rumah sakit untuk mendoakan keajaiban demi kesembuhan Sang Guru.

Kantor berita AFP menulis, para pengikut Sai Baba yang terkemuka, di antaranya adalah mantan Perdana Menteri India Atal Bihari Vajpayee, para hakim, aktor, para jenderal, dan pemimpin politik negeri itu. Termasuk dalam jutaan penganutnya adalah legenda kriket India Sachin Tendulkar serta bintang film Hollywood, Goldie Hawn.

....Sai Baba meninggal dunia setelah menderita gagal jantung dan pernafasan kronis. Padahal ia dipercaya bisa mengobati penyakit mematikan dan menghidupkan orang yang sudah mati.

Sathya Sai Baba lahir pada 23 November 1926 dengan nama Sathyanarayana Raju. Para pengikutnya meyakini Sai Baba sebagai reinkarnasi dari Shirdi Baba, seorang filsuf dan mahayogi, yang meninggal dunia pada 1918. Sejak memproklamirkan diri sebagai reinkarnasi di usia 14 tahun, Sai Baba mulai kebanjiran pengikut.

Ajaran spritual yang disebarluaskan Sai Baba, mendapat banyak pengikut di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Di berbagai kesempatan Sai Baba yang sering dianggap sebagai orang suci itu menegaskan ajarannya bukan agama dan bukan sekte dari agama tertentu yang sudah ada.

Menurut jutaan orang di dunia yang mempercayainya, Baba memiliki kekuatan supranatural seperti menyulap benda begitu saja, mengetahui kisah kehidupan orang di masa lalu, dan mampu mengobati penyakit mematikan, bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Mahaguru 'Setengah Dewa' Terlibat Pelecehan Seksual

Di samping berita kehebatannya, pemberitaan tentang Sai Baba juga diwarnai dengan kontroversi dan tudingan miring terkait pelecehan seksual dan tipuan kemampuan magisnya. Pada 2004, dalam sebuah liputan khusus BBC berjudul "Secret Swami", mengungkap 2 pria warga Amerika bersaksi bahwa dalam sebuah acara penyembuhan Sang Guru menyentuh alat vital mereka.

....Sai Baba diberitakan melakukan pelecehan seksual dan tipuan magis. Dalam acara penyembuhan, ia menyentuh alat vital mereka....

Dari asramanya di Puttaparthi, Sai Baba menyebarkan pengaruh dan menangguk dana jutaan dolar dari donasi para pengikutnya di seluruh dunia. Organisasi amalnya telah mendanai pembangunan fasilitas kesehatan dan pendidikan di seantero India, termasuk rumah sakit dan klinik yang menurut warga setempat mampu menyembuhkan penyakit di luar batas nalar kemampuan medis umumnya.

Salah satu penyumbangnya yang terbesar adalah mantan pemilik jaringan restoran Hard Rock Cafe, Isaac Burton Tigrett, bahkan datang ke Puttaparthi untuk tinggal di sana.

Sai Baba yang selalu tampil dengan gaya eksentrik dalam balutan jubah warna kunyit dengan gaya rambut keriting afro, pernah menghadapi serangan sekelompok orang pada 1993. Serangan 4 laki-laki ke apartemennya itu gagal, tapi 2 pengawalnya tewas.

Sementara kerja amalnya banyak dipuji dan menimbulkan kekaguman para pengikut, yang ditaksir mencapai 10 juta orang di 120 negara, Sai Baba juga banyak dikritik saat tampil di panggung dan tiba-tiba menyulap koin emas begitu saja.

....Bagi pengikutnya, kemampuan sihir Sai Baba diyakani sebagai kekuatan magis, sementara kalangan yang rasional justru menyebutnya sebagai tipuan belaka....

Bagi para pengikutnya, kemampuan sihir Sai Baba ini diyakani sebagai kekuatan magis, sementara kalangan pengkiritik yang rasional justru menyebutnya tak lebih sebagai tipuan belaka.

0 komentar:

Posting Komentar